Rabu, 24 Juli 2013

Nostalgia anak tahun 90'an (Part 2)

oke, lanjut lagi ya. Setelah sebelumnya gue bahas masalah jajanan tahun 90'an kali ini gue mau bahas masalah film-film atau tontonan yang biasa ditonton anak-anak 90'an. Kenapa gue masukin film-film ini ke daftar nostalgia gue? Karena film-film anak jaman sekarang itu udah kebanyakan gak benernya. Dan yang biasanya tiap hari minggu acara tv dikuasai sama film film kartun sekarang mulai dikuasai dari sinetron gak jelas yang bisa-bisanya anaknya ketuker-tuker kayak belanjaan di pasar terus gak sengaja tiba-tiba jatuh cinta sama adek/kakak/abang kandung, terus sehari sebelum nikah ternyata ketahuan mereka adalah saudara kandung, pernikahan dibatalkan, aktor utamanya lari, keserempet mobil,hilang ingatan dan lupa akan semua orang bahkan lupa bagaimana caranya cebok seusai boker, atau acara-acara musik yang menampilkan alien-alien planet mars  yang nyasar ke bumi dengan pakaian warna mejikuhibiniu mereka, rambut kayak hair stylist-nya motong rambut mereka  waktu lagi koma, kacamata itemnya yang segede BH jupe dan menarikan  tarian pemujaan dewa dan dewi jambannya dan meneriakkan "lalala yeyeye". Dan bahkan film-film yang mengangkat tema sejarah yang menggunakan effect film yang berimbang dengan effect film avengers dengan naga terbangnya dan memasukkan "batman", "joker", bahkan "gundam" di dalam filmnya. Sumpah, acara tv yang ada sekarang itu absurd banget. Gue bakal kasih SS film-film absurd yang sekarang lagi beredar di indonesia:


Special effectnya sama dengan effect dalam film avengers
 
lu bedua pada ngapain di jaman majapahit tong? :))



Setelah ngeliat ss film yang diatas, tanpa gue bilang seharusnya udah pada ngerti kenapa gue kangen tontonan-tontonan jaman 90an kan?
Gak usah pake basa-basi lagi, kita mulai nostalgia acara-acara tv tahun 90annya guys! turn on your time machine guys, and here they are!


1. Dragon Ball
  
 Siapa yang gak kenal anime ini? Dulu seinget gue ini film ditayangin di stasiun TV indosiar tiap jam 9 pagi. Tokoh utamanya bernama Goku. Ini salah satu anime yang cukup panjang menurut gue, karena menceritakan bagaimana awalnya goku bisa sampai di bumi hingga dia mempunyai cucu. Secara samar-samar latar belakang goku agak sedikit mirip sama superman-nya DC comics. Seorang anak yang diterbangkan orang tuanya di bumi karena planetnya yang diambang kehancuran, diangkat anak oleh seorang kakek dan dilatih menjadi seorang petarung hebat dan mencari kesembilan bola naga untuk membangkitkan naga shenlong yang bisa mengabulkan 1 permintaan kita. Di pertengahan cerita, orang-orang seiya (planet asal goku) datang untuk menyerang bumi dan mencari bola naga atau dragon ball  tersebut. Setau gue, anime ini sekarang masih diputer di indosiar. Dan yang lucunya, indosiar sekarang malah banyak buat film naga nga terbangnya. Apakah mereka terinspirasi dari naga shenlong?

2. Detective conan

Detective conan, salah satu anime favorit gue sampai sekarang. Seorang detective bernama shinichi kudou yang tubuhnya dikecilkan oleh organisasi yang berbaju hitam. Dibantu oleh peralatan yang diciptakan professor agasha yang juga adalah tetangganya dan mengetahui siapa dirinya sebenarnya. Dengan memakai nama samaran conan edogawa, dia tinggal dirumah kogoro mouri yang juga bekerja sebagai detektif untuk mencari info keberadaan organisasi berbaju hitam. Dia juga sering membantu memecahkan kasus pembunuhan melalui kogoro mouri dengan cara membiusnya dengan peluru bius di jam tangannya. Dulu anime ini ditayangkan di indosiar sekitar jam setengah 9 pagi, tapi sayang sekarang udah gak ada lagi. Tapi sampai sekarang untuk komiknya masih tetep ada, mau berupa fisik maupun onilne.

3. Ninja Hatori

 "mendaki gunung melewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera..." Yap, itu soundtrack dari film yang satu ini dan gue berani jamin banyak dari kalian masih hapal dari lagu ini. Hattori seorang ninja yang selalu membantu Kenichi dengan berbagai masalah yang dihadapinya dan terus menjaganya sebagai seorang teman yang baik. Yumeko adalah gadis yang disukai oleh Kenichi dan kimimaki. Kimimaki adalah seorang Ninja yang berasal dari koga dan kucing ninjanya, Kagekiyo selalu membuat masalah dengan Kenichi. Kenichi sering  meminta Hattori untuk membalas dendamnya pada kimimaki. Meskipun Hattori adalah teman yang baik, Kenichi kadang-kadang berkelahi dengan Hattori karena kesalahpahaman yang dibuat oleh Kemumaki. Kadang-kadang Jippou, Togejirou dan Tsubame juga membantunya. Menurut gue, alur cerita film ini agak sedikit mirp dengan doraemon. 

4. Doraemon

kalo film yang satu ini pasti udah pada tau, karena ini  sampai sekarang film ini tetap tayang di hari minggu, di stasiun TV dan jam yang sama. Di RCTI jam 8 pagi. Ini dia film kartun dari masa ke masa, dari jaman gue masih anak-anak sampe sekarang gue udah mau punya anak film ini masih tetap setia nemenin di tv dan menurut gue film ini bener-bener legend. Makasihbanget buat om Fujiko F. Fujio  yang udah ngebuat sosok doraemon karena udah ngebubat gue bener-bener percaya tentang keajaiban.

5.  Chibi Maruko Chan

 
Film ini bercerita tentang Maruko,anak kelas 3 SD yang ceroboh dan suka mengkhayal yang tidak-tidak. Ia mempunyai 6 anggota keluarga, termasuk dirinya. Ia juga mempunyai sahabat yang bernama Tamae. Kalo gak salah film ini juga dulu nongol di RCTI sekitar jam 7an.


 6. Tom and jerry


yap, tom and jerry. Ini juga salah satu kartun legend karena masih sering nongol sampai sekarang. Tapi tau gak kalo di episode terakhir dari tom and jerry ini mereka bunuh diri bareng? Ini gue kasih link you tubenya buat kalian: tom and jerry last episode
  
7. Digimon
Film Digimon ini bercerita tentang petualangan tujuh orang anak di dunia digital. Mereka bertemu dengan para digimon yang kemudian diberi nama Digital Monster yang juga menjadi teman mereka berpetualang.
Film ini dulu ditayangin di Indosiar tiap hari minggu. Kalo jam tayangnya gue lupa udah lupa, antara jam setengah 8 atau jam 8.


 


8. Ksatria Baja Hitam 


 
Film inilah yang banyak menginspirasi anak-anak tahun 90an buat ngelompat dari atas meja sambil teriak "tendangan mauuuuutttt..." Masih pada inget kan? Yah, menurut gue film ini punya kenangan tersendiri buat anak-anak pada waktu itu. Tokoh utamanya Kotaro Minami, dialah sosok ksatria baja hitam sebelum berubah. Ksatria baja hitam punya jurus andalan, pukulan matahari, tendangan maut. Dia juga mempunyai senjata pedang matahari dan motor bernama belalang tempur. Dan 75% anak-anak tahun 90an pasti punya mainannya


9. Power Rangers





"go go power ranger" yap, gue yakin gak ada yang gak tau kata-kata dan nada dari salah satu superhero yang satu ini. Anak 90an gak tau film ini kayaknya pantes untuk di hukum rajam. Dan kebanyakan anak laki-laki tahun 90an pasti bakal berebut untuk jadi ranger merah karena ranger merah itu pemimpin dari para rangers.

10. Ninja Jiraya
 
Ninja paling tajir dijamannya, kemana-mana pakai mobil dan dari keluarga kaya raya (kaya batman atau iron mannya jepang). Film ini dulu ditayangkan tiap sore di RCTI. sekitar jam 5an. Dan di jaman itu ini ninja paling keren dan banyak yang pengen jadi kayak dia.


11. Ultraman





Superhero dari jepang yang menurut gue paling absurd. Kenapa? Doi emang selalu ngalahin monster tapi juga sekaligus ngehancurin kotanya. banting-bantingan ama monster ampe niban gedung-gedung yang disitu. Kalo emang beneran ada ultraman di indonesia, kebayang gak setiap ada monster nyerang indonesia pemerintah harus ngeganti kerugian yang diakibatkan pertarungan mereka? 
12. Bakabon 

 
Film Bakabon bercerita tentang anggota keluarga yang aneh, contohnya ya adik Bakabon yang bernama Hajime sudah bisa bicara dalam waktu 3 hari, dan papa Bakabon yang selau iseng dengan orang di sekitarnya. Ceritanya kocak dan gue bakal selalu ketawa ngeliat tokoh yang selalu nyapu depan rumahnya dan menggerakan kakinya seakan berlari.


oke guys, kayaknya itu doang yang bisa gue bahas kali ini berhubung waktu yang mepet. Pada kangen tontonan diatas? beberapa masih bisa dicari di youtube kok.
thx for reading guys. love you all :*

3 komentar:

  1. Ane demen banget ama satria baja hitam gan memoriable banget
    Jaman sekarang beda banget bnyk tayangan yg justru tidak mendidik
    mampir di blog nostalgia tayangan jaman dulu ya gan di andarsub.blogspot.com

    BalasHapus